Nasi Uduk Buronan Mertua Dan Misi Memelihara Kuliner Khas Betawi

0
73

Event perpaduan antara musik dan clothing terbesar di jakarta rasanya tidak bisa dipungkiri lagi kalau Jakcloth (Jakarta Clothing) yang memiliki peranan terbesar untuk anak-anak muda di jakarta khususnya.

Acara yang setiap tahunnya rutin diadakan dua kali ini sepertinya akan terus berkembang dan merambah kekota-kota lain di seluruh indonesia, bukan tidak mungkin memang karena dilihat dari visi dan misi yang dibawa oleh event ini selain mengusung genre musik yang berbeda sekaligus mengajak untuk menumbuhkan rasa kepedulian generasi muda mencintai produk negeri sendiri yang semakin kesini semakin tergerus oleh modernitas dan determinasi kebarat-baratan.

Namun saya yang waktu itu sedang melintas event ini merasakan sesuatu yang sepertinya “baru” di tempat acara Jakcloth Year And Sale 2013 kemarin. Disamping merebaknya stan t-shirt yang dijual oleh distro ternama saya melihat sesuatu yang beda, perhatian saya tertuju kepada banyaknya stan kuliner yang berderet menjajakan menu yang mereka tawarkan.

Masakan-masakan nusantara dari mulai sate padang, nasi goreng, bakso, gado-gado, sampai salah satunya dan pilihan favorite saya yaitu Nasi Uduk Buronan Mertua. Setau saya Buronan Mertua adalah nama band rock cadas dari Jakarta.

Tanpa banyak buang waktu saya langsung tertarik untuk mencicipi makanan yang disajikan di stan Nasi Uduk Buronan Mertua. Pendapat saya saat itu kacau  rasa nasi uduk sama lalapannya dan saya berniat tahu lebih dalam tentang asal muasal nasi uduk ini. Saya dan Indie Jakarta berhasil me-wawancara salah satu orang dibalik makanan ini yakni Bison wibisono yang bukan lain adalah drummer Buronan Mertua, berikut obrolan kami selengkapnya :

Darimana dapat ide untuk membuat nama nasi uduk buronan mertua?

Karena owner dari pengusaha nasiuduk ini adalah koordinator dari koboy condet, basis dari kumpulan mantu brengsek (teman seperjuangan band buronan mertua) di daerah condet jaktim

Siapa sih penggagas ide ini? gimana ceritanya?

Nasduk biasanya ada di pagi hari, muncul ide kami ingin menghadirkannya dgn situasi berbeda, muncul hanya malam hari sekaligus menjadi tempat nongkrong, berkumpul, berkreasi yang positif.

Selama inikan band identik dengan atribute seperti kaos, sepatu sampai aksesoris lain lalu dengan nasi uduk?

Ini hanya soal moment dan movement. Sebuah pergerakan awal, berikutnya tidak menutup kemungkinan untuk berkembang ke bentuk yang lain. Apapun itu yang penting positif. Selain itu, kami berfikir disaat semua band telah memiliki atribut apparel, selanjutnya mereka pasti tetap butuh makan. Disinilah pentingnya kami. đŸ˜‰

Untuk strategi penjualannya bagaimana?

Selain melakukan promosi lewat sosial media, word of mouth, kami juga berkerjasama dengan beberapa event organizer untuk layanan catering kami. Mungkin indie jakarta minat? Nah tuh jadi promo lagi deh… (termasuk strategi marketing hehe)

Apa yang kalian harapkan dengan hadirnya nasi uduk buronan mertua ini?

Singkat saja, kami ingin memelihara budaya negeri sendiri, melalui aksi kuliner khas betawi.

Pendapat kalian tentang minat anak muda terhadap masakan tradisional apalagi dengan munculnya banyak produk kapitalis seperti junk food?
Faktanya, masih banyak anak muda yang kebelinger sama jengkol. Positioning kami tidak akan tergerus oleh junkfood, karena tidak ada kapitalis yang jualan jengkol.
Saat di jakcloth kemarin gimana reaksi pembeli nasi uduk kalian, secara mayoritas adalah anak muda?
Awalnya memang mereka penasaran karena nama. Berikutnya, mereka jadi tahu perbedaan antara nasi uduk biasa dengan nasi uduk betawi. Dan mungkin ini satu-satunya kuliner homemade yang ada di Jakcloth,, yang dimasak secara jantan, lewat proses yang tidak instan.
Ada apa aja sih yang kalian sajikan disini?
Nama menu kebanyakan diambil dari lagu-lagu yang ada di album rock asal-asalan Buronan Mertua. Misalnya, nasi uduk crowded kumplit, bihun kritik tanpa solusi, jengkol cadangan obsesi, susu jahe berapi-api, gorengan new war, dll
Makanan yang paling laris di nasi uduk kalian itu apa?
nasi uduk crowded kumplit masih menjadi primadona (chef recommended)
Terakhir, bakalan ada apalagi selain nasi uduk buronan mertua?
Insya Allah kita akan setup store di kemang Januari 2014 ini. Mohon doanya ya… Tenkyuuuu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here