Sumpal dalam Loka: Taruk Rilis EP Sumpal dalam Format Kaset Pita

0
50

Setelah merilis secara digital pada 19 Februari 2019 silam, grup musik Taruk kini resmi hadirkan EP Sumpal dalam format kaset pita. Peluncuran fisik perdana ini disokong oleh Loka dari Soundvision, kolektif/media garapan Arya Zakaria dan kawan-kawan.

EP Sumpal berisi empat nomor lagu bernuansa hardcore punk dengan dentum drum ala d-beat, bahana distorsi gitar, dan deru bas tanpa henti. Kengerian semakin nyata dengan sayat nyanyian parau plus duet bersama Doddy Hamson dari Komunal.

Proses pembuatan kaset berlangsung selama kurang lebih 2 bulan di Lokananta. Desain dibantu oleh tim Soundvision dengan tetap memakai artwork lama karya Gama Dwisetya. Versi lagu tidak mengalami perubahan, namun lebih ditingkatkan dari segi kualitas.

“Bagi kami, keberadaan rilisan fisik di tengah gempuran format digital masih tetap relevan
sampai sekarang. Hal ini tak terlepas dari bantuan Arya serta teman-teman Soundvision yang telah banyak membantu. Terima kasih,” ujar gitaris Bobby Agung Prasetyo.

Kaset EP Sumpal terbagi dalam 2 jenis paket, reguler dan eksklusif. Paket reguler mematok
harga Rp45 ribu dengan kemasan kaset dan download code, sementara paket eksklusif Rp50 ribu dibundel amplop isi kaset, download code, satu pak stiker, serta linear notes dari rekan musik.

Nama-nama tersebut antara lain Baruz (Godless Symptoms/Konfliktion), Doddy Hamson
(Komunal) yang juga kolaborator dalam lagu “218”, Ramaputratantra (Gaung), Alikbal Rusyad (Brigade of Crow/Galaxies/Succubus/The Pandora Labs.), hingga Arya dari Soundvision sendiri.

Kaset EP Sumpal bisa dibeli secara offline di Akasa Bookstore, Husted Youth, dan Quckening Bandung. Pesan online via Bandcamp, nomor ponsel, media sosial Taruk serta Soundvision.

“Ombang-ambing kehidupan dan perjuangan akan terus menguntit dalam bulir-bulir Sumpal. Ingat, semangat kami akan terus bergelora di kultus selanjutnya. Semua bermula dari sini!” Seruan vokalis Karel menggema sekaligus resmikan perilisan EP Sumpal. Bakar!.

Taruk adalah grup musik yang resmi berdiri pada 2 Januari 2018 silam dengan personel Karel (vokal), Bobby Agung Prasetyo (gitar) dan Matin Mahran “Adul” (drum). Sempat bertiga, kini kami mendatangkan Muhammad Zulyadri (bas) guna melengkapkan formasi agar lebih solid.

Musik yang diusung Taruk adalah hardcore punk dengan nuansa gelap lewat inspirasi seperti Torso, DS-13, dan Dead Kennedys. Eksplorasi terus berlanjut dengan menambahkan nama pemengaruh lain seperti Dissection, Palm, Christian Death, Devil Master dan sejenisnya.

Dianggap sebagai the new emerging scene Kota Bandung, Taruk didapuk menjadi salah satu dari sekian banyak pendatang terbaik oleh kanal musik 8lightment.com atas ledakan single “Berapi-api” pada tahun 2018 silam di Soundcloud. Pesan dan dapatkan kaset EP Sumpal dari sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here