Wuxi Sports Event, Turnamen Olahraga Persembahan Persatuan Pelajar Indonesia di Tiongkok

0
181

Persatuan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) sebentar lagi akan menggelar sebuah ajang kompetisi olahraga yang bertajuk Wuxi Sports Event pada 16 – 22 maret mendatang di Wuxi Institute Of Technology, Tiongkok, Jiangsu, China.

Diadakannya event ini berangkat dari ide para pelajar Indonesia di Tiongkok khususnya di delapan Region Timur seperti Shanghai, Nanjing, Wuxi , Nanchang, Suzhou, Changzhou, Hafei, Hangzhou, dan Yangzhou.

Tema yang diangkat pada acara ini adalah Olahraga (sport) dan Olahraga elektonik (e-sport), “e-sport sendiri menurut kami merupakan bagian dari kegiatan adu ketangkasan antar individu maupun kelompok yang tidak hanya sebatas pada kegiatan fisik, tetapi juga dapat dilakukan dengan menggunakan suatu alat elektronik, seperti yang dilakukan para gamers misalnya” ujar Nabila salah satu panitia acara ketika dihubungi oleh Indie Jakarta.

Kembali dijelaskan oleh Nabila, bahwa nantinya akan ada tiga cabang olahraga (cabor) dan dua lainnya dari cabang e-sport yang mengisi acara tersebut, “Seperti Futsal, Bola Basket dan Badminton, lalu ada Dota dan PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) dibidang e-sportnya,” ujarnya.

Tidak mudah memang membuat acara kampus di negeri orang, selalu saja ada kendala didalamnya seperti  faktor perizinan, waktu dan ruang gerak kreatifitas yang juga serba terbatas. Namun,sesulit apapun kendala dan masalah selama masih ada semangat dan optimisme pada masing-masing individu ditubuh panitia acara pasti bisa tetap berjalan dengan baik.

Lalu, seperti apa sih keseruan acara Wuxi Sports Event nantinya? Simak wawancara Indie Jakarta bersama salah satu panitia acara seperti dibawah ini:

  1. Acara kalian ini event perdana yah?

Iya, event perdana cup/sport yang diadakan oleh PPIT (Persatuan Pelajar Indonesia Tiongkok) Kota Wuxi, China.

  1. Bisa dibilang juga sebagai ajang silaturahmi antar pelajar di tiongkok gitu yah?

Betul banget, sekaligus menambah relasi  juga antar pelajar Indonesia di Tiongkok. Silaturahmi disini kita bukan hanya sekedar kumpul-kumpul aja, Tetapi mengeluarkan bakat-bakat kita dibidang olahraga sport maupun e-sport yang mungkin sekarang banyak di gemari di kalangan kami seperti Dota dan PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds).

  1. Coba jabarin acara kalian dong diadakan dimana, kapan dan apa saja yang ada didalamnya?

Acara ini nantinya diadakan diluar kampus kami (Wuxi Institute), Tepat nya di lapangan umum gitu. Terus Insya Allah acara nya dimulai hari sabtu ini tanggal 16 maret dan acara pada hari itu meliputi pertandingan futsal, basket dan badminton. Sedangkan tanggal 22 nya ada e-sport seperti PUBG dan DOTA.

  1. Bicara soal antusiasme, bagaimana respon para pelajar indonesia disana?

Alhamdulillah, respon nya sangat baik terhadap acara kami. Dan mereka tertarik untuk ikut. Sampai detik ini sudah ada kota Nanjing, Wuxi, Changzhou, Suzhou yang sudah ikut daftar acara kami.

  1. Berarti belum semua yah, kendala apa yang masih kalian hadapi?

Iya memang belum semuanya. Tetapi ahamdulillah sampai saat ini kendala belum ada sih, Kita tetep jaga komunikasi antar panitia, saling membantu sama lain agar tidak ada miss komunikasi yang mengakibatkan terjadi nya suatu permasalahan.

  1. Apakah acara ini mengganggu kelancaran sekolah kalian? Atau masing-masing sekolah sudah diperbolehkan, secarakan kalian disana minoritas?

Menurut kami antara kuliah dan organisasi harus seimbang, jadi bagaimana dari kitanya aja yang mengaturnya sendiri. Dan juga acara ini diadakan di hari sabtu yaitu hari libur. Sedang kita mengadakan kegiatannya dengan menyewa lapangan di luar sekolah, jadi tidak ada masalah lagi. Dan antusias warga Chinapun kami rasa nanti banyak yang menonton kami bermain di lapangan.

  1. Soal dukungan lain, bagaimana dengan tanggapan wakil pemerintah indonesia disana?

Alhamdulillah acara kami mendapatkan sponsor dari PPLN (Pemilihan Pemilu Luar Negeri) Shanghai dan juga organisasi seperti Radio PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) dunia

  1. Masih penasaran, kenapa harus sport gitu? Kenapa ngga menampilkan ajang akulturasi budaya jadi ngga sebatas pelajar indonesia aja yang adain?

Karna sport ini termasuk ke program kerja kabinet PPIT (Persatuan Pelajar Indonesia Tiongkok) Wuxi sendiri , Jadi memang sudah ada niatan dari sebelum-sebelumnya buat ngadain event ini. Untuk saat ini kita mungkin baru meneri pelajar indonesia nya aja. Semakin berjalan nya waktu, semoga kedepannya event ini tetap diteruskan dan orang asing pun bisa tetap berpartisipasi di acara kami.

  1. Electronic sport yang kalian buat itu Dota dan PUBG apa sih yang dinilai dari kedua jenis olahraga tersebut?

Pastinya kekompakan setiap tim sih ya. Karena memang satu tim isinyakan ada 4 orang, lalu kenapa sih kita buat perlombaan Dota dan PUBG? Ya karena kami para panitia merasa memang sekarang lagi zaman-zamannya anak zaman now mayoritas main dota atau ngga pabji. Nah, jadi kenapa engga kita buat aja lombanya? Pasti seru dan banyak peminatnya. pada kesempatan inilah kita bikin perlombaannya yang disebut E-sport.

  1. Terakhir, sensasi lainnya yang kalian rasakan dalam membuat acara dinegeri orang gimana?

Sama aja sih sebenernya. Cuma yang buat jadi beda karena kita ngadain kegiatan diluar negeri semacam ini jadinya yang ngeliatinnya bukan orang-orang Indonesia lagi. Masalah lain juga ada pada perizinan tempat, yang susah apalagi di dalem kampus, kita harus cari ruangan/suatu tempat yang memang bisa disewain gitu atau kalau engga ya taman umum gitu. Sebenernya kalo tempat ada dan dapet, acara Insya Allah lancar, tinggal ngikutin peraturannya aja disini. Sedang yang ngebedain buat acara kalau di Indonesiakan nggak,  di Indonesia kita mahasiswa disuatu kampus gitukan dibolehin ya mahasiswanya untuk buat acara segala macam, malah memang harus dituntut buat aktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here