AVC Depok: Belajar Bermusik Tanpa Harus Kursus

0
343

Autodidact Violin Community (AVC), sebuah komunitas yang memberikan wadah buat kalian yang ingin serius dalam urusan bermusik. Dari namanya, terlintas ada kata violin yang artinya biola. Komunitas tersebut lahir dari stasiun depok atas prakarsa dan ide teman-teman mahasiswa Universitas Indonesia.

Komunitas yang sudah berjalan sejak tahun 2010 ini menampung kalian yang ingin belajar musik tanpa harus mengikuti kursus dengan menggunakan instument lain juga disamping biola! Nah lho? Kok bisa tanpa harus kursus? Ya, daripada kalian ikut less private dengan suasana tegang karena ruangan yang kurang nyaman atau mungkin guru pembimbing less kalian itu wajahnya sangar mending kalian ikut komunitas ini.

Indie Jakarta berhasil mewawancarai tentang keberadaan komunitas ini, dari mulai syarat, sejarah dan apa saja yang dapat kalian terima ketika bergabung dengan komunitas AVC, berikut cuplikannya :

Halo AVC, bisa dijelasin soal komunitas ini?

Hai, komunitas ini namanya Autodidact Volin Community (AVC), kita adalah komunitas biola yang bertempat latihan di Depok tepatnya di Taman melingkar Perpustakaan Pusat UI. Komunitas ini adalah wadah bagi orang-orang yang ingin belajar bermain biola tanpa harus pergi ke tempat les. Jadi kita kumpul setiap hari sabtu jam untuk bareng-bareng latihan biola dari jam 1 sampai jam 5 sore.

Komunitas biola? bukankah biola itu sebuah alat instrument yang lumayan mahal?

Sebenarnya biola bukan alat instrument yang mahal karena di toko musik ada kok biola yang harganya mulai dari 700ribuan. Nah tingkat kemahalannya itu tergantung dengan kualitas kayu dan perawatannya. Dulu mungkin mindset orang tentang biola adalah alat musik yang lumayan sulit dipelajari sehingga dulu jarang ada orang yang bisa memainkannya apalagi dalam bentuk sebuah komunitas. Nah sekarang kita mau menunjukkan kalo ternyata semua orang bisa memainkan biola asalkan punya keinginan yang kuat.

Sejak kapan sih terbentuk?

Sebenernya komunitas ini terbentuk sudah sejak tahun 2010. Tapi dulu tempat latihan kita bukan di taman melingkar perpus pusat UI,melainkan di lantai atas Stasiun Depok Baru. Tapi semenjak perpustakaan pusat UI dibangun dan sudah beroperasi (tahun 2011), lokasi latihan kita pindah kesana karena view dan lingkungannya sangat mendukung untuk latihan. Pada saat itulah anggota kita bertambah pesat dan akhirnya dibentuk badan kepengurusan.

Wah, jadi tadinya di stasiun yah?

Kayak yang udah aku certain tadi di atas, emang dulu kan kita latihannya di stasiun depok baru karena kebetulan pendiri sekaligus pembina kita yang bernama Mas wando pirastro dulu adalah seorang pengamen. Waktu itu awalnya Mas Wando punya visi yang sangat mulia untuk mengubah nasib dan membuat biola bisa menjadi instrument yang menghasilkan uang tapi tidak dengan cara mengamen melainkan mengajarkan orang yang benar-benar ingin belajar dengan biaya yang murah.

Sampai saat ini sudah buat apa saja?

– AVC annual concert : Musical Prologue

Musical Prologue –Ketika Musisi Bicara Cinta (2013)

Musical Prologue 2 –Let The Music Explain (soon on Februari 2014).

– Iklan Gudang Garam Surya Pro (2013)

– Bagi-bagi biola kepada anak-anak Rumah Baca Panther Depok

Menentukan segi umur nggak sih komunitas ini?

Nggak kok, komunitas ini terbuka untuk segala usia. Tapi harinya dibedain. Jadinya, untuk anggota yang umurnya 15 tahun keatas latihannya itu hari sabtu. Sedangkan anak-anak yang umurnya dibawah 15 tahun latihannya hari minggu. Ini dikarenakan kami punya metode yang berbeda antara mengajarkan anak2 kecil dengan yang sudah besar. Di hari sabtu juga banyak lho ibu-ibu dan bapak bapak yang masih semangat untuk bisa belajar dan memainkan biola. Jadi, komunitas ini tidak berpatokan dengan umur. Siapa aja bisa main biola.

Selain biola apa saja instrument yang kalian ajarkan disini?

Kebetulan sejak desember 2013 karena peminat alat musik gesek lain juga sudah mulai bermunculan, maka AVC juga sudah mengajarkan alat musik Viola dan Chelo. Tapi karena jumlah anggota yang berminat dengan alat musik gesek lain tersebut juga baru beberapa, makanya fokus kami masih pada biola.

Buat yang mau gabung ke sini?

Di kita itu ada iuran bulanan yang bentuknya sebagai uang kas. Jadi setiap anggota itu tiap bulan dirutinkan harus membayar uang iuran sebesar 100ribu rupiah saja yang fungsinya juga untuk uang kas yang nantinya itu akan jadi penunjang dana kita untuk melaksanakan konser. Untuk anggota baru kita kenakan biaya sebesar 100ribu juga untuk uang pendaftaran. Uang pendaftaran yang dibayarkan itu dialokasikan untuk buku partitur, kartu anggota dan lembar pengarahan teknik. Jadi intinya, uang iuran yang dibayarkan tiap bulan itu ya dari kita untuk kita lagi.

Syaratnya apa aja selain niat?

Hahaha… niat sih udah jelas harus ada yaaa, tapi selain itu sih kita menyarankan harus puya biolanyaa. Sebenernya kita bisa sih saling pinjemin waktu latihan, tapi alangkah lebih baik dan nyaman kan kalo setiap anggota punya biola masing-masing, jadi selain bisa nyaman latihan bareng juga bisa latihan di rumah.

Apa saja yang diajarkan dari sini?

Disini kita ngajarin anggotanya untuk bisa main biola dari awal megang, baca partitur sampe harmonisasi. Nah nanti kalo udah mulai lancar bacanya, kita juga ajarin main biola dalam format orkestra.

Punya visi dan misi tertentukah?

Visi kami yaitu : Cerdaskan bangsa dan gali sumber daya manusia mandiri. Sedangkan Misi kami adalah : Memasyarakatkan biola.

Kebanyakan teori soal instrument yang digunakan ini sepertinya agak rumit, tapi gimana reaksi yang kalian rasakan selama ini?

Kalau dibilang rumit ya pastinya sih iya.. soalnya kan yang namanya belajar hal baru pasti awalnya susah. Tapi kalo udah biasa yang susah itu jadi gampang kok. Kuncinya Cuma latihan rutin dan komitmen.

Murni instrument aja atau adalagu-lagu juga ciptaan komunitas ini?

Untuk awal belajar, kita pake buku Suzuki dengan lagu-lagu klasik (tergantung tingkatannya), Tapi ada juga lagu-lagu yang dibuat sama arranger sekaligus conductor kita yang namanya Mas Yudi Cakra yang suka kita mainin untuk latihan harmonisasi dan orkestrasi.

Adakah kendala yang menjadi perhatian selama ini?

Bicara kendala sih palingan kalo cuaca lagi nggak mendukung. Contohnya kayak sekarang kan lagi musim hujan, karena tempat latihan kita itu outdoor jadi agak repot pindah lokasinya.

Sudah nyebar kemana aja komunitas ini?

Sampai saat ini sih kita udah ada cabang AVC juga di Bandung. Kebetulan minat orang-orang Bandung terhadap biola juga lumayan besar. Dan sekarang sedang on progress buka cabang di medan juga.

Untuk kalian yang ingin tahu soal komunitas ini lebih dalam seperti apa dulunya, silakan simak cuplikan videonya disini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here